Student Center SMK IKIFA

Loading...

Register

Musik - Tak Berkategori - 23 November 2022

Seni Musik

Pengertian seni musik secara bahasa terdiri dari dua kata, yakni “seni” dan “musik” yang masing-masing katanya memiliki arti masing-masing.

Seni adalah sebuah dimensi ciptaan atau rasa manusia yang dituangkan dalam media tertentu untuk menyalurkannya atau mengimplementasikannya kepada orang lain. Kemudian kata “musik” yang berasal dari kata mousikos artinya dalam bahasa Yunani adalah dewa keindahan yang memiliki kekuasaan pada bidang seni dan keilmuan.

Pengertian Seni Musik kemudian diartikan sebagai bidang keilmuan atau aliran seni yang menggunakan nada dan suara atau kombinasi hubungan temporal untuk menyampaikan ekspresi, pesan, atau nilai-nilai seni kepada orang lain dalam satu kesatuan dan kesinambungan.

Jadi pengertian seni musik adalah sebuah cabang seni yang lebih fokus mengutamakan penggunaan harmoni, melodi, irama, tempo, dan vokal sebagai sarana menyampaikan nilai-nilai seni itu sendiri dari seniman atau pembuat seni kepada orang lain atau penikmat seni.

Dalam mempelajari cabang seni ini yang seringkali dijadikan ilmu pembelajaran, buku Pendidikan Dan Seni Budaya Musik yang ada di bawah ini berisikan berbagai materi penting mengenai seni musik beserta latihan soal.

Kepopuleran seni musik di berbagai penjuru dunia, membuat bidang ini memiliki banyak perspektif dari para ilmuwan. Itulah sebabnya tak heran jika banyak ilmuwan yang berpendapat tentang pengertian seni musik sesuai dengan pengalaman seni yang mereka rasakan. Berikut ini pengertian seni musik menurut para ahli yang perlu Grameds ketahui untuk memperluas perspektif tentang pengertian seni musik:

1. Aristoteles

Pengertian seni musik menurut Aristoteles adalah suatu karya musik dengan kemampuan dan tenaga pengembangan yang berasal dari sebuah rasa melalui deretan nada atau melodi yang memiliki warna dari penciptanya.

2. Sylado

Menurut Sylado pengertian seni musik adalah bentuk perwujudan yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara penciptanya menggunakan alunan musik dengan nada yang berjiwa dan bisa menggerakan isi hati para pendengarnya.

3. Lexicographer

Pengertian seni musik menurut Lexicographer adalah sebuah bidang keilmuan seni yang memadukan unsur ritmis dan beberapa vokal, nada, dan instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan sesuatu dari sang pencipta seni yang bersifat emosional.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian seni musik adalah suatu bentuk karya seni dalam bidang keilmuan yang tertuang dalam sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara dengan ritme, vokal, dan instrumental yang berasal dari pengalaman rasa sang pencipta untuk disampaikan kepada pendengar atau penikmat seni secara emosional. Berikut ini rekomendasi buku dari Gramedia yang bisa Grameds baca tentang musik kaitannya dengan psikologi dan pemikiran.