Student Center SMK IKIFA

Loading...

Register

Tak Berkategori - 9 November 2023

Pengertian dan Cabang Biologi

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, termasuk hewan, tumbuhan, dan mikroba. Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti kehidupan dan “logos” yang berarti ilmu sehingga biologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan dan organisme hidup.

Dilansir dari Norwegian University of Science and Technology, aspek biologi berkisar dari studi tentang mekanisme molekuler dalam sel hingga klasifikasi dan perilaku organisme. Cabang ilmu biologi sangat luas. Bahkan, ilmu biologi dapat berinteraksi dengan ilmu-ilmu sosial, seperti biogeografi, psikologi evolusioner, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa cabang ilmu biologi yang penting untuk diketahui:

1. Agronomi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai tanaman budidaya.

2. Anatomi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai struktur tubuh makhluk hidup.

3. Andrologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai reproduksi pria.

4. Astrobiologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai asal-usul, evolusi, penyebaran, dan masa depan kehidupan di alam semesta.

5. Bakteriologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai kehidupan bakteri.

6. Bioinformatika, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk mempelajari data biologi.

7. Biologi kelautan, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai laut.

8. Biologi molekuler, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai penyusun tubuh makhluk hidup tingkat molekuler.

9. Bioteknologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai penerapan biologi untuk menghasilkan suatu produk.

10. Biogeografi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai penyebaran spesies di Bumi.